Jl. Cideng Timur no. 50 Jakarta 10160, Indonesia021-2313247suarakonsumen@standardpen.idMon. - Fri. 09:00 - 17:00

FAQ (Frequently Ask Question)

BOLPOIN
1. Apakah perbedaan antara AE7 Zyrcon dengan NX7?
- NX7 memiliki warna pearlize dibandingkan AE7 Zyrcon
- NX7 memiliki jumbo refilldengan isi tinta lebih banyak 35%.
- NX7 memiliki tinta Hybrid Soft Ink yaitu perpaduan antara tinta H20 gel dan Oil gel yang lebih pekat.
- NX7 memiliki ZF-Ring yang bisa mengurangi guncangan dan kerusakan mata bolpoin.

2. Apakah fungsi dari ZF-Ring yang dimiliki oleh NX7?
ZF-Ring, terbuat dari bahan Thermo Plastic Ruber yaitu sebuah karet yang berfungsi sebagai peredam bagi mata pena NX7 untuk meminimalisir kerusakan akibat benturan yang ditimbulkan karena bolpoin terjatuh.
ZF-Ring memiliki fungsi yang samaseperti shock breaker pada mobil/motor yaitu untuk meredam guncangan/hentakan yang dapat merusak komponen.

3. Mengapa tinta pada bolpoin dapat blobor?
Ada 2 skenario mengenai tinta bocor saat di gunakan, yaitu:
 Terdapat dot tinta di sela menulis sehingga tulisan menjadi kotor, penyebabnya karena:
 Bolpoin pernah terjatuh dalam posisi miring sehingga membuat lips (bibir mata bolpoin)pada tip bolpoin (ujung bolpoin) terkikis/penyok.
 Posisi menulis pada 1 sisi saja dan sangat miring sehingga menyebabkan lips pada tip bolpoin menjadi rusak.
 Tinta menggumpal di ujung bolpoin, penyebabnya karena:
 Posisi peletakan bolpoin secara terbalik (peletakkan yang benar adalah bolpoin harus dalam posisi vertical dengan posisi tutup bolpoin menghadap keatas).
 Bolpoin tidak di tutup rapat.
 Tekanan udara/suhu tinggi dan ruang tertutup, menyebabkan terjadinya dorongan udara terhadap isi tinta. Misal bolpoin ketika dibawa ke dalam pesawat.

4. Mengapa tinta pada bolpoin yang digunakan dapat macet dan kering?
Jika terjadi hal seperti berikut, ikuti beberapa langkah dibawah ini:
1. Cek Kode Produksi yang tertera pada tuberefill tinta, sebagai contoh: 055 [2 digit angka terdepan bulan, 1 digit angka terakhir tahun] maka dibaca bulan Mei tahun 2015. Dengan ini kita dapat mengetahui lifetime, dimana lifetime bolpoin adalah 2 tahun dengan penyimpanan pada suhu ruang yang ideal adalah 25-30◦Celcius. Jika disimpan dalam suhu ruang yang baik maka bolpoin bisa bertahan hingga 5 tahun.
2. Cabut mata pena bolpoin dari badan refilltinta, masukan jarum kedalam tuberefill, jika tidak terdapat titik tinta pada ujung jarum maka dipastikan bolpoin tersebut sudah habis, hanya tersisa kerak tinta di pinggiran dinding refill.
3. Jika masih terdapat tinta pada ujung bolpoin maka terdapat kemungkinan misalnya tinta telah mengering karena penyimpanan di dalam suhu ruang > 40◦Celcius.

5. Mengapa kepekatan tinta pada bolpoin stickpen dan retract berbeda?
Hal ini terjadi karena pengaturanflow(alur) tinta antara stickpen (bolpoin memiliki tutup) dan retractpen (bolpoin tanpa tutup) berbeda.

6. Apakah perbedaan dari Alfa Tip dan Delta Tip?
Alfa tip dan Delta tip adalah penamaan yang dibuat oleh Standardpen untuk membedakan bentuk tip (mata pena). Alfa tip untuk tipe bolpoin yang dipasangkan bola mata pena yang berukuran 0.5mm. Delta Tip untuk tipe bolpoin yang dipasangkan bola mata pena dengan ukuran antara 0.3mm – 0.38mm.

7. Mengapa pada tipe bolpoin retract, dapat terjadi kemungkinan pecah/loncat?
1. Karena body bolpoin retract terbuat dari bahan ABS (acrylonitrile butadiene styrene)dan Polypropylene yang transparan, disarankan untuk tidak menjatuhkan bolpoin lebih dari ketinggian 1,5m atau melakukan hal-hal lain yang disengaja yang dapat merusak bolpoin secara fisik, contohnya bolpoin dijadikan untuk pembuka kardus/karton, dll.
2. Karena adanya perlakuan Konsumen terhadap bolpoin tersebut, seperti seringnya menekan retract secara terus menerus atau memainkan gagang retract secara berulang-ulang.

MARKER
1. Mengapa Marker Standard W88 & P77 lebih ringan dibanding marker lainnya?
Karena kandungan tinta marker Standard aman (free Xylene dan Toluene)sehingga tidak memerlukan tutup dan body yang tebal.Perlu diketahui bahwa kompetitorlain mengandung senyawa Xylene, Toluene dan Keton yaitu bahan yang mudah terbakar dan panas (biasa digunakan untuk campuran bahan bakar) sehingga tutup marker mereka harus dibuat sangat tebal dari bahan Polyamide, seperti bahan pembuat asbak yang tahan panas dan bakaran. Body dan tutup yang tebal bertujuan untuk menahan penguapan tinta yang keras dan panas.

2. Apakah Marker Standard bisa di refilll dengan refilll kompetitor?
Tidak bisa, karena akan menyebabkan Marker Standardmenjadi kering karena kandungan yang berbeda antara refill Standard dengan kompetitor.

3. Berapa panjangkah tinta Marker Standard W88 & P77?
Menghasilkan tulisan sepanjang± 260m dengan tangan.

4. Mengapa Marker Standard W88 bila dibuka lama kering, namun pada saat ditutup kembali tinta bisa nyata lagi?
Hal ini dikarenakan adanya penguapan pada tinta, karena marker Standard memiliki kandungan alkohol yang aman dan tidak berbahaya yaitu Ethanol Murni, cairan ini mudah menguap dan mengendap pada dinding – dinding tinta, ini menyebabkan tinta tidak nyata bila dibuka lama.Akan tetapi jika ditutup kembali maka marker bisa digunakan kembali dengan tinta yang nyata. Lama membuka menutup marker kurang lebih 1– 2jam.

8. Bagaimana penyimpanan marker yang baik ?
Simpan marker dengan posisi letak secara horizontal, mencegah terjadinya pengendapan pada tinta. Life Time marker adalah 2 tahun jika diletakan dengan benar dan dalam suhu ideal 25 – 30◦Celcius.

PASCOLA
1. Apakah Oil Pastel Pascola aman untuk anak – anak?
Ya, Karena Oil Pastel Pascola tidak mengandung zat – zat yang berbahaya dan telah diuji oleh BBKK (Balai Besar Kimia dan Kemasan) – Departemen Perindustrian.
Oil Pastel Pascola menggunakan bahan pewarna makanan (seperti pewarna pada sirup), sehingga ketika anak – anak sedang mewarnai dan ditangannya ada bekas warna Pascola kemudian memegang makanan dan masuk ke mulut hal ini masih dalam kondisi aman. Karena terbuat dari pewarna makanan, maka noda pun mudah dibersihkan atau dicuci jika terkena baju.

2. Oil Pastel Pascola di selimuti serbuk putih, apakah itu?
Serbuk putih yang menyelimuti oil pastel Pascola disebut dengan Proses Oksidasi. Oksidasi terjadi karena kandungan bahan dasar oil pastel Pascola adalahminyak nabati.

3. Jika Oil Pastel Pascola mengalami oksidasi, apakah kualitasnya tetap baik dan aman?
Oksidasi tidak mempengaruhi kualitas pascola karena proses oksidasi merupakan hal yang wajar terjadi pada produk Oil Pastel dan terjadi hanya di bagian permukaan. Jika terjadi oksidasi, cukup dibersihkan saja dengan tissue atau kain.

4. Apa bedanya Oil Pastel Pascola dengan kompetitor?
1. Oil Pastel Pascola memiliki breaking point (daya tekan) pada tekanan 1.7 – 2.2kg, sehingga oil pastel Pascola tidak mudah patah selama dipakai dengan daya tekan yang sewajarnya.
2. Oil Pastel Pascola sangat sempurna untuk teknik blending dan Sgraffito.
• Blending: teksture yang lembut membuat warna mudah di padukan.
• Sgrafitto: teknik arsir atau kerik, dimana warna terang ditumpuk dengan warna gelap dan dikerik. Saat dikerik warna terang bagian bawah akan terlihat cerah sempurna.*

Menu